Menu




Askariasis

Askariasis :
Askariasis adalah penyakit parasit yang disebabkan oleh Nemathelminthes Ascaris lumbricoides. Askariasis adalah penyakit kedua terbesar yang disebabkan oleh makhluk parasit.

Askariasis (ascariasis) adalah infestasi oleh cacing gelang Ascaris lumbricoides. Ini adalah infestasi cacing yang paling umum, terutama pada lingkungan dengan kebersihan yang rendah, sanitasi yang buruk, dan di tempat-tempat di mana kotoran manusia digunakan sebagai pupuk. Diperkirakan 1 miliar orang terinfeksi ascariasis di seluruh dunia. Ascariasis terjadi pada orang dari segala usia, meskipun anak-anak terpengaruh lebih parah daripada orang dewasa.

Askariasis disebabkan oleh mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi telur cacing gelang. Setelah dikonsumsi, telur menetas dan melepaskan larva cacing gelang dalam usus kecil. Dalam beberapa hari, larva kemudian bergerak melalui aliran darah ke paru-paru, keluar ke atas melalui saluran udara besar paru-paru, dan ditelan kembali ke dalam lambung dan mencapai usus kecil.

Selama gerakan melalui paru-paru larva dapat menghasilkan bentuk yang jarang dari pneumonia yang disebut pneumonia eosinofilik. Setelah mereka kembali di usus halus, larva dewasa menjadi cacing gelang dewasa. Cacing dewasa tinggal di usus kecil di mana mereka bertelur yang dikeluarkan lewat tinja. Mereka dapat hidup 10 – 24 bulan.

Hospes dan distribusi
Hospes atau inang dari Askariasis adalah manusia. Di manusia, larva Ascaris akan berkembang menjadi dewasa dan menagdakan kopulasi serta akhirnya bertelur.

Penyakit ini sifatnya kosmopolit, terdapat hampir di seluruh dunia. Prevalensi askariasis sekitar 70-80%.


Ascaris lumbricoides


Siklus hidup Ascaris lumbricoides