Menu




Askospora

Askospora :
Merupakan spora bersel satu yang terbentuk di dalam kantung yang dinamakan askus.

Askospora Merupakan spora bersel satu yang terbentuk di dalam kantung yang dinamakan askus. Dalam setiap askus terdapat askospora.

Proses terbentuknya askospora diawali dengan proses diferensiasi hifa membentuk alat reproduksi betina yang ukurannya lebih besar yang disebut askogonium. Didekat askogonium akan terbentuk alat reproduksi jantan yang disebut anteridium. Keduanya berinti haploid (n) dan selanjutnya akan berhubungan melalui saluran yang terbentuk diantara keduanya yang disebut trikogin. Melalui trikogin, inti sel dari anteridium akan berpindah ke askogonium. Selanjutnya inti askogonium dan anteridium berpasangan dan tumbuh membentuk hifa. Inti yang berpasangan dalam hifa membelah secara mitosis namun masih tetap berpasangan, sementara itu hifa terus tumbuh, membentuk sekat melintang dan bercabang banyak. Ujung hifa selanjutnya akan membentuk askus dengan dua inti didalamnya. Kedua inti tersebut akan membelah secara meiosis menghasilkan 8 buah spora yang disebut askospora.

Reproduksi secara seksual dihasilkan askospora yan dibentuk didalam askus. Askus berasal dari bahasa yunani yang artinya kantong. Beberapa askus dapat membentuk tubuh buah yang disebut askokarp.

Reproduksi secara seksual dilakukan di dalam askus. Askus merupakan kantong spora yang menghasilkan askospora. Askospora akan mengumpul membentuk tubuh buah yang disebut askokarp/askoma.