Menu




Cranium (Kranium)

Cranium (Kranium) :
Tulang tengkorak

Cranium adalah skeleton yang membentuk kerangka dasar kepala. Cranium terdiri dari 2 komponen yakni ossa cranii yakni tulang – tulang pembentuk cavitas cranialis (terdiri dari os. occipitalis, os. interparietal, os. sphenoidea, os. ethmoidea, os. parietal, os. frontale, os. temporal) dan ossa facei yang membentuk wajah (os. maxilla, os. incisiva, os. palatine, os. pterygoidale, os. nasale, os. lacrimale, os. zygomaticus, os. conchae, os. vomer, os. mandibula, os. hyoideus).

Columna vertebralis menyusun tulang punggung, tidak berpasangan dan tidak teratur. Terdiri atas : vertebrae cervicales, vertebrae thoracales, vertebrae lumbalis, vertebrae sacralis, vertebrae caudalis.

Sternum dan costae membentuk pelindung cavum thoraks. Costae terdiri dari beberapa jenis : costae sternalis (menempel di sternum), costae asternalis (saling berkaitan oleh kartilago costae), costae fluctuantes (melayang).

Kranium sebagian besar dibentuk dari bagian – bagian tulang jenis membraneus terdiri atas lamina, interna dan lamina externa yang merupakan tulang padat yang dipisahkan oleh lapisan diploe (yang merupakan tulang spignosa).